Maret 30, 2013

Bab 2 Perangkat Jaringan Dan Koneksi Internet


A.    Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
1.       Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yang dapat dijangkau oleh LAN kurang lebih 10 km.  

2.        Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah 80 km.


3.       Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antarpulau, negara, benua, bahkan ke luar angkasa.


B.     Perangkat Keras Jaringan berdasarkan Jenis Hubungannya
1.       Hubungan dial-up
Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau di rumah. Jenis hubungan ini sering disebut dial up connection.


2.       Hubungan Leased line
Jika diartikan secara selintas, leased line adalah jalur (telepon) yang digantikan fungsinya menjadi jalur Internet. Hubungan ini menggantikan fungsi jalur telepon menjadi jalur Internet sehingga kita dapat mengakses Internet selama 24 jam sehari secara permanen tanpa harus melakukan dial up untuk koneksi ke jaringan maupun melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan dengan Internet.


3.        Hubungan Wireless
Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line. Perbedaannya terletak pada media yang digunakan. Jika leased line menggunakan kabel telepon, makawireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan dan menerima datanya.


4.        Hubungan VSAT
VSAT (Very Small Aperture Terminal) memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui satelit. Data dari komputer di tempat A dikirim ke satelit melalui sebuah pemancar, kemudian satelit akan meneruskan data tersebut ke komputer di tempat B melalui sebuah pemancar penerima.

C.     Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet
1.       Dari tombol Start, pilih Control Panel.
2.       Pilih Network Connection pada jendela Control Panel.
3.       Pilih Create New Connection.
4.       Klik Next pada New Connection Wizard.
5.       Pilih Connect to the Internet untuk memilih jenis koneksi jaringan, kemudian klik Next.
6.       Pilih Set up my connection manually untuk membuat pengaturan koneksi secara manual, kemudian klik Next.
7.       Pilih Connect using a dial-up modem untuk memilih jenis koneksi dial up, kemudian klik Next.
8.       Isi nama koneksi dengan nama mudah diingat. Misalnya, Dial Up Connection. Kemudian, klik Next.
9.       Isikan nomor telepon yang akan diakses, misalnya untuk Telkomnet Instan adalah 080989999. Kemudian, klik Next.
10.   Isikan User name: telkomnet@instant, Password: telkom, dan Confirm Password: telkom untuk membuat account. Kemudian, klik Next.
11.   Klik Finish untuk mengakhiri pengaturan.
12.   Untuk meyakinkan bahwa pengaturan telah berhasil, buka kembali jendela Control Panel, kemudian pilih Network Connection. Jika ada ikon Dial Up Connection, maka pengaturan telah berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar